Tugu Pagar Nusa Sebagai Simbolis Kekuatan

0

Ipnuippnukokop-┬áPimpinan Ranting (PR) Pagar Nusa desa Mano’an, Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan, dirikan tugu Pagar Nusa di simpang tiga Belantas, pada 21/04/21.

Di dirikannya tugu ini tidak lain sebagai simbolis atau tanda bahwa Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa di Kec. Kokop ini masih tetap hidup dan berkembang.

Mengingat dahulu pencak silat Pagar Nusa hanya berdiri di salah satu desa kecamatan Kokop yaitu desa Mandung.

Setelah terbentuk PAC, kini di Kokop sudah ada beberapa ranting yang terbentuk, diantaranya adalah PR Mano’an, Tramok dan Mandung sendiri.

Secara kuantitas Pagar Nusa Mano’an bisa terbilang cukup pesat perkembangannya, setiap penerimaan siswa baru Mano’an tidak pernah absen dari 50 kebawah siswa yang mendaftar.

Dari situlah lahirnya semangat-semangat yang luar biasa, hingga para pendekar di desa Mano’an ini menggagas pendirian tugu Pagar Nusa.

Tugu ini merupakan satu-satunya tugu IPSNU Pagar Nusa yang berada di Bangkalan yang mendapat dukungan penuh dari rois syuriah MWCNU Kokop (KH. Romli Fachri) untuk segera dudirikan, agar masyarakat tahu bahwa dalam NU ada para pendekar yang siap membentengi para Ulama dan bangsa.

Kontributor : Srikandi86

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here