Ingin Menjadi Kader IPNU IPPNU Berkualitas Tapi Ragu dengan Kemampuan Diri? Ini Solusinya

0
gambar by pimpinan redaksi penapelajarnu @lie_2903

Pena Pelajar NU- Menjadi kader berkualitas dan mampu memberikan manfaat terhadap organisasi dan orang-orang di dalamnya merupakan impian semua orang. Namun, apakah menjadi berkualitas harus jadi yang paling pintar? Atau harus jadi yang paling good looking? Tentu tidak. Menjadi kader IPNU IPPNU yang berkualitas bisa kita pelajari dan memulai dengan hal-hal sederhana yang akan membantu kita untuk menambah value diri kita.

Berikut tips atau solusi untuk bisa menjadi kader berkualitas dan bermanfaat bagi organisasi serta orang-orang sekitar.

1. Selalu Berpikir Positif
Berpikir positif dapat menjadi salah satu cara untuk menambah kualitas diri, dengan berpikir positif seseorang akan mudah menerima hal apapun yang hadir dalam hidupnya dengan baik. Selain itu berpikir positif juga akan mengurangi kadar kesetresan dalam diri seseorang.

2. Tentukan Tujuan Hidup
Menentukan tujuan hidup merupakan tips agar hidup seseorang bisa terukur dan terarah, dengan memiliki tujuan hidup yang jelas kita akan tahu kemana seseorang akan bergerak dan memberikan kontribusi terhadap organisasi dan lingkungan sekitar sesuai dengan passion yang dimiliki.

3. Fokus Pada Passion dan Hal yang Disukai
Melakukan hal-hal yang disukai cenderung akan membuat seseorang bekerja tanpa berpikir dua kali, sebab apa ia kerjakan merupakan hal yang mendapat dorongan dari dalam diri. Maka dari itu, untuk menjadi kader berkualitas seseorang harus memilki passion dan mencintainya, sehingga ia mampu mengembangkan passionnya menjadi pekerjaan yang dapat membantu menambah value dirinya.

4. Jadilah Jujur dan Terpercaya
Berprilaku jujur dan terpercaya adalah salah satu karakteristik dasar kader IPNU IPPNU, oleh karena itu kader yang memiliki sifat jujur akan selalu bergerak dengan hati-hati, baik dalam ucapan atau tindakan.

5. Belajar Menghargai Orang Lain
Organisasi merupakan tempat dimana berkumpulnya seseorang dengan banyak orang lainnya, dalam organisasi juga kerap adanya diskusi, sehingga baik dalam organisasi atau diskusi perlu adanya keterampilan menghargai orang lain. Menghargai orang lain disini tidak hanya mampu memberikan apresiasi terhadap kinerjanya, tapi bisa dilakukan dengan menghargai argumen ketika beda pendapat, tidak memotong ketika berdiskusi, menghargai orang yang didepannya tanpa sibuk sendiri dengan gadget (hp) dan masih banyak lainnya.

6. Belajar mengolah emosi
Di katakan bahwa mengolah emosi di tempat umum menjadi hal yang paling sulit, maka dari itu para kader IPNU IPPNU harus mampu menanggulangi hal tersebut. Artinya setiap tindakan atau ucapan yang ingin dilakukan harus berlandaskan atas dasar emosi yang stabil agar tidak memicu terjadinya ketersinggungan atau hal lain yang dapat merugikan diri dan organisasi

7. Percaya Diri
Percaya diri merupakan kunci kebebasan dan kenyamanan seseorang dalam bertindak, sebab dengan percaya diri seseorang akan mampu menempatkan diri di setiap situasi dan kondisi dengan baik tanpa adanya rasa ragu.

8. Konsisten Untuk Tumbuh Lebih Baik
Teruslah belajar dan menempa diri, sebab setiap kesuksesan tidak akan terlepas dari yang namanya proses. Oleh karena itu mulailah untuk konsisten dalam melakukan hal-hal kecil yang dapat meningkatkan pengetahuan dan Wawasan, seperti membiasakan diri untuk membaca buku atau bahan bacaan lainnya minimal 1 jam/hari. Kemudian memberikan ruang untuk diskusi agar selain terbiasa membaca kita juga bisa terbiasa menuangkan gagasan dari hasil yang dibaca, hal ini boleh dilakukan via lisan atau tulisan.

Demikian tips yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

Oleh: Tim redaksi Pena Pelajar NU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here