Mengenal Lebih Dekat Khoirul Umam, Calon Ketua PC IPNU Bangkalan

1

Pena Pelajar NU- Khoirul Umam merupakan sosok kader IPNU asli Kokop yang terpilih sebagai kandidat ketua PC IPNU Bangkalan No urut 1 pada Konferensi Cabang (Konfercab) Ke-XVII. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 17-18 Juni 2023 di Bangkalan.

Kader aktif yang biasa dikenal dengan sebutan rekan Umam berdomisili di Desa Mandung, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan. Sebagai calon ketua ia mengusung tagline “For The Next Students Of Bangkalan, IPNU DIGDAYA”. DIGDAYA yang dimaksud ialah Spritual, Moral dan Intelektual.

“Tiga kesaktian tersebut harus melekat pada diri seorang pelajar NU agar manfaat dari organisasi dapat dirasakan masyarakat. Mengingat wasiat KH. Tolhach Mansoer bahwa beliau menginginkan kader yang berilmu dan deket dengan masyarakat, bukan calon kasta elit di masyarakat.” Kata Umam saat ditemui tim Pena

Ia juga menjelaskan bahwa sebagai sosok kader ia akan bertekad dan berkomitmen untuk melanjutkan dan mengembangkan PC IPNU Bangkalan yang lebih inovatif serta berkarakter Aswaja An Nahdliyah tanpa menghilangkan pondasi organisasi yang sudah terbangun dengan alasan mengikuti perkembangan zaman.

“Bangkalan adalah akar NU itu sendiri, dengan demikian pelajar NU Bangkalan harus lebih dalam aspek apapun, khususnya yang berhubungan dengan spritual dan zaman” Jelasnya.

Dalam ranah pendidikan Khoirul Umam termasuk sosok yang memiliki tekad gigih, meski berangkat sebagai anak Desa yang notabene banyak yang mempertimbangkan pendidikan dengan ekonomi, justru ia lebih memilih membuktikan bahwa stereotip seperti itu harus di hilangkan. Sejauh ini ia telah menempuh pendidikan dasar di SDN Mano’an 03, MTs. Muchtarul Ulum Banyuates Sampang, SMA Miftahul Ulum Mandung dan Mahasiswa Aktif Universitas Trunojoyo Madura (UTM) saat ini.

Tidak hanya dalam ruang lingkup pendidikan, pengalaman organisasi juga menjadi salah satu alasan Umam maju sebagai kandidat ketua PC IPNU Bangkalan saat ini. Pada 2019-2021 ia sebagai ketua PR IPNU Mandung, Pengurus PKPT UTM 2020, 2021-2023 sebagai Ketua PAC IPNU Kokop dan anggota Dep. Organisasi PC IPNU Bangkalan

Dengan ini ia ingin mengajak seluruh pelajar Nahdlatul Ulama untuk bersama mengembangkan dan menyelaraskan arah gerak dan tujuan organisasi untuk dapat dihubungkan kembali dengan trilogi IPNU-IPPNU yakni Belajar, Berjuang dan Bertaqwa, dengan tagline IPNU Bangkalan DIGDAYA.

Oleh: Lie

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here